MATERI RPL(KELAS 11PPL)

 

MATERI USECASE

 USE CASE DIAGRAM


Use case diagram adalah satu dari berbagai jenis diagram UML (Unified Modelling Language) yang menggambarkan hubungan interaksi antara sistem dan aktor. Use Case dapat mendeskripsikan tipe interaksi antara si pengguna sistem dengan sistemnya. 


  *fungsi dari use case diagram sebagai berikut:

  • Berguna memperlihatkan proses aktivitas secara urut dalam sistem.
  • Mampu menggambarkan proses bisnis, bahkan menampilkan urutan aktivitas pada sebuah proses.
  • Sebagai bridge atau jembatan antara pembuat dengan konsumen untuk mendeskripsikan sebuah sistem.

  *Manfaat dari use case di antaranya:

  • Menggunakannya sebagai kebutuhan verifikasi.
  • Menjadi gambaran interface dari sebuah sistem karena setiap sistem yang dibangun haruslah memiliki interface.
  • Mengidentifikasi siapa saja orang yang dapat berinteraksi dengan sistem, serta apa yang dapat dilakukan oleh sistem.
  • Memberikan kepastian mengenai kebutuhan  sistem, sehingga tidak membingungkan.
  • Memudahkan proses komunikasi antara domain expert dan end user.

*Simbol-Simbol pada Use Case Diagram:


*Aplikasi untuk Membuat Use Case

Untuk membuat sebuah use case diagram, tentunya kamu membutuhkan tools atau aplikasi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang  bisa kamu gunakan:

  • Draw.io
  • Star UML
  • Visio
  • UMLet

*Contoh dari Use Case Diagram

Pembayaran OVO



OVO adalah aplikasi pintar yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi (OVO Cash), serta berfungsi untuk mengumpulkan poin di banyak tempat (OVO Points). Inilah contoh use case diagram studi kasus pada OVO.

Gambar di atas merupakan contoh use case diagram pada OVO, adapun penjelasannya sebagai berikut ini:

  • User: Orang yang dapat mengakses atau menggunakan aplikasi OVO, mulai dari login ke aplikasi hingga melakukan aksi terhadap aplikasi seperti top up saldo, transfer, dan payment.
  • Register: Register merupakan langkah pertama yang dilakukan user ketika ia tidak mempunyai akses pada aplikasi OVO. Mendaftarkan data diri ke dalam aplikasi agar dikenali.
  • Login: Setelah mendapatkan akun, user harus melakukan login agar dapat mengakses berbagai fitur aplikasi OVO.
  • Top up: Suatu kegiatan yang dilakukan user untuk mengisi ulang saldo OVO. Terdapat 2 pilihan alternatif untuk melakukan top up saldo, yaitu melalui ATM dan internet banking.
  • Transfer: Transfer berfungsi untuk mengirim atau membagikan saldo dalam aplikasi OVO ke pengguna lain, baik sesama OVO atau ke rekening tertentu.
  • Payment: Ketika user memilih menu payment, maka user dapat melakukan pembayaran lewat aplikasi.


MATERI RPL(KELAS 11PPL) MATERI RPL(KELAS 11PPL) Reviewed by MATERI REKAYASA PERANGKAT LUNAK(RPL) on Agustus 02, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

KLS 10

 DASAR DESAIN GRAFIS KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Diberdayakan oleh Blogger.